Yenny's talk : Self Love



Hai girls!
Welcome back..

Tahun 2018 bentar lagi bakalan berakhir. Jujur aku ngerasa tahun ini cepet banget. Baru aja perasaan tahun baru kemarin 2017-2018 😅. Well, tahun ini menurut aku tahun yang berkesan bagi aku. Karna hidup aku beneran seperti rollercoaster dimana ada saatnya aku ngerasa senang banget tapi dilain sisi aku ngerasa sedih sampai down banget 😉. Selain itu, tahun ini juga aku belajar untuk lebih "bersyukur" dengan apa yang aku punya dan segala sesuatu yang terjadi dihidupku. Bersyukur bukan berarti harus punya barang branded, likers instagram yang banyak, bukan liburan mewah dll. BUKAN. Tetapi lebih mensyukuri kelebihan dan menerima kekurangan diri aku sendiri dengan lapangdada. Ternyata dengan bersyukur aku lebih bisa mencintai diri sendiri, berpikir positif dan lebih mandiri secara emosional. Tapi makin kesini, baru ngerasa kalau bersyukur itu penting banget. Dengan bersyukur dan berdamai dengan diri sendiri aku baru menyadari sebenarnya aku ini maunya gimana dan maunya apa untuk hidup aku sendiri. Di tahun berikutnya aku berharap aku lebih bisa bersyukur dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Karna percuma aja makeup secantik apapun kalau hatinya ga bagus, pasti ga akan jadi bagus juga. Setuju?
Di akhir tahun 2018 ini, aku punya resolusi untuk lebih bisa menerima dan mencintai diri sendiri atau yang biasanya dikenal dengan “Self-Love”. Mungkin kedengarannya klise banget ya, ngapain ngelakuin itu toh siapa yang gak sayang sama diri sendiri? Yakan pasti gitu respon yang muncul.. hehee

Sebenarnya self love ini baik loh girls untuk kebaikan diri sendiri. Karena tanpa kita sadari kita itu sebenarnya gak bisa sepenuhnya menerima dan mencintai diri kita sendiri apa adanya untuk menerima kekurangan kita dibandingkan orang lain. Karena self love itu SUSAH.
Kenapa self-love itu penting?

Mencintai diri sendiri, menerima setiap kekurangan dan kelebihan itu penting buat kesehatan psikologis kita loh girls. Kalau kamu belum bisa menerima diri kamu sendiri, kamu bakalan ngerasa kurang dan selalu membandingkan diri dengan orang lain yang lebih yang akan membuatmu gak benar-benar bahagia.

Self-love ini bukan membahas seberapa kaya kamu, seberapa banyak likes instagram mu atau seberapa jago makeup skillmu  dan blablabla. Tetapi mencintai diri sendiri apa adanya, menerima kelebihan diri tetapi tidak menjadi sombong dan menerima dengan setulus hati kekurangan diri tanpa syarat.

Dengan menerima kekurangan diri dan mencintai diri, otomatis kita akan lebih bisa menerima dan menjalin hubungan dengan orang lain. Dan orang-orang akan lebih merasa nyaman berada di dekat kita karena kita punya energi yang positif.

Kadang lebih mudah untuk mencintai orang lain dibandingkan mencintai diri sendiri. Contoh kecilnya, punya kulit yang terbilang gelap dan membenci diri sendiri kenapa tidak memiliki warna kuit seperti artis korea yang putih dan mulus. Padahal, warna apapun kulit kamu, semuanya diciptakan indah dan cantik.

Self-love akan menyadarkan kamu, betapa berharganya kamu, betapa layaknya kamu dicintai dan yang terpenting kamu bahagia dengan dirimu sendiri.

Aku punya beberapa tips jika kalian mau mulai melakukan self-love dengan hal-hal kecil aja minimal

1.      Love Myself
Mencintai diri sendiri bukan berarti narsis loh girls. Tapi lebih kepada belajar mencintai diri sendiri apa adanya. Gimana orang lain mau mencintai diri aku tapi akunya malah belum bisa menerima diriku sendiri apa adanya. Intinya mencintai diri sendiri dulu sebelum mencintai orang lain.

2.      Selalu bersyukur
Bersyukur dengan segala apapun, yang terjadi. Bersyukur dengan badan yang sehat, bisa makan dan minum dengan layak, bersyukur dikelilingi dengan orang yang kita cintai. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang-orang di instagram ya. Karena sering kita membandingkan diri dengan orang-orang yang kelihatannya bahagia di sosial media. Padahal belum tentu aslinya kehidupan mereka sebahagia itu.

3.      Ngobrol dengan diri sendiri
Menurut aku berbicara dengan diri sendiri itu adalah cara sederhana bagaimana lebih memahami diri sendiri. Mulai dengan berbicara dengan diri sendiri dalam hati, ngobrol depan cermin, kamar tidur maupun kamar mandi. Dengan adanya obrolan itu dapat lebih mengenal diri sendiri.

4.      Kurangi hal negatif
Kurangi hal-hal yang negatif, apalagi buat cewek-cewek yang suka gosipin sana-sini dan main drama sana-sini. Stop! Sebenarnya kalau dipikir-pikir gosip itu buang waktu dan kepo dengan urusan orang lain. Tanpa sadar sebenarnya kita iri dengan kehidupannya makanya jadi ngegosip. Coba waktu yang luang itu diisi dengan hal yang positif, misalnya membaca buku yang bermanfaat, melakukan hobby, bergaul dengan orang yang punya pemikiran yang lebih luas dan positif, bahkan kamu bisa mengisinya dengan spa atau pijet untuk merelaxasikan pikiran.

5.       Reward myself
Setiap berhasil melakukan goals atau target, aku selalu memberikan diriku hadiah, ntah itu barang yang aku incar atau hadiah kecil lainnya, pokoknya yang bisa membuat aku lebih termotivasi untuk melakukan goals hidup aku selanjutnya.

Oke thats all girls yang biasa aku sharing ke kalian tentang apa aja yang aku lakukan untuk self-love. Aku bukan expert ya, aku masih belajar juga sama kayak kalian untuk lebih bahagia dengan diriku apa adanya.

Komentar

Postingan Populer