SKINCARE : My Skincare Part.1 (cleansing)

Hi girls!
Di postingan aku kali ini aku bakalan ngebahas tentang skincare produk yang aku pake dan aku rekomendasikan buat kalian semua yang menurut aku bagus. Pertama-tama aku banyak ditanyain dari umur berapa sebenarnya mulai ngerawat kulit wajah? Aku kalo ditanyain kayak gini suka bingung sendiri dari umur berapa sebenarnya perawatan muka itu. Kayaknya lebih ke kebutuhan masing-masing kulit kali yah hehehee. Setiap kulitkan beda beda jadi kebutuhannya juga beda-beda. Kalo aku pribadi, awal mulai ngerawat kulit wajah itu dari SMP, awal-awalnya pake pembersih muka sama krim dikasi sama mama. Trus akhirnya lama-lama jadi kayak coba-cobain skincare, walaupun banyak try&error juga dan akhirnya aku nemuin skincare yang cocok buat kulit aku sekarang. Buat kalian yang baca blog aku nggak ada salahnya kok buat ngerawat wajah dari remaja. Produk-produk yang aku sebutin di bawah cuma sebagai referensi buat kalian dan kalian bisa cari produk tersebut dikota kalian. Oke sekarang kita mulaii.....

Tipe-tipe Kulit
Hal pertama yang aku mau bahas itu adalah tipe kulit wajah. Tipe kulit wajah itu ada 4. Jadi kalian bisa liat tipe kulit kalian termasuk yang mana:
·        Normal : tipe kulit ini cenderung enggak punya permasalahan kulit, jadi kalo kalian ada yang punya tipe kulit seperti ini youre so lucky!
·        Kering : tipe kulit seperti ini cenderung kulit gimana sih  kencang/ketarik, kering, bahkan bersisik atau gatal.
·        Berminyak : tipe kulit seperti ini bisanya kamu rasa kulitnya berminyak dan mengkilat, pori-porinya gede juga
·        Kombinasi : tipe kulit seperti ini terkadang kering atau normal, atau di daerah T-zone nya berminyak dan kering atau normal di daerah lain.

Gimana sih supaya tau tipe kulit kita? Aku saranin saat malam hari sebelum tidur, cuci muka kamu terus tidur tanpa pakai produk apapun. Pas paginya, coba ngaca trus liat deh kulit kamu termasuk tipe kulit yang mana, sesuaikan dengan tipe kulit yang diatas. Penting banget untuk au tipe kulit, biar enggak salah beli skincare. Setelah udah tau jenis kulit. Sekarang kita lanjut ke perawatan kulit.

Oh ya, tipe kulit aku itu kombinasi, sensitif dan acne-porne. Jadi kulit aku itu berminyak di daerah T-zone dan di daerah lainnya kering. Sensitif juga, apalagi kalo pake salah produk bisa langsung jadi udang rebus (kemerah-merahan) kulit aku. Acne-porne, kalau pake yang ga cocok langsung tumbuh tuh jerawat di wajah. Jadi aku cari skincare itu gampang-gampang susah, banyak try&error juga. Dan akhirnya nemu juga yang cocok buat kulit aku sekarang.

Oke, sekarang ku bakalan bagiin proses perawatan muka jadi beberapa tahap.

Step 1 : Cleansing (pembersihan)
Membersihkan muka itu hal paling dasar yang harus kamu lakukan di skincare routine kamu. Membersihkan kulit itu dapat membersihkan debu, kotoran, kulit mati dan makeup yang ada menjaga supaya pori-pori kamu itu enggak ketutup dan kulit kamu bisa bernafas. Apakah kamu masih muda atau udah tua, perempuan atau laki-laki, pembersihan muka itu wajib dilakuin supaya wajah kamu tetap bersih dan sehat.

Membersihkan atau “cuci muka” kedengarannya sederhana sih sebenarnya, tinggal ambil sabun pencuci muka sama air terus udah. Tapi ini hal yang paling penting untuk maintain kulit kamu supaya tetap bersih, sehat dan enggak jerawatan.

Pertama-tama yang aku lakuin itu adalah bersihin muka pake cleansing oil atau cleansing milk. Aku lebih suka pake cleansing oil ketimbang milk sih sebenarnya. Tergantung akunya lagi pake makeup berat apa engga. Biasanya aku pake cleansing oil itu buat yang heavy makeup gitu kayak abis dari mall, jalan, kondangan pokoknya yang pake makeup yang full gitu. Kalau cleansing milk biasanya aku pake sehabis dari ngampus, soalnya aku kalo ngampus itu jarang makeup an kalau makeup an juga paling bedak aja, jadi pake cleansing milk cukup untuk nyebersihin debu sama kotoran yang nempel selama aktifitas dikampus.

Gambar terkait
Cleansing oil favorite aku itu dari ETUDE HOUSE “MOISTURE”, karena cleansing oil ini tuh bener-bener remove makeup aku sampe ke yang waterproof. Dan cocok untuk kulit aku yang kombinasi sensitif. Karena ini cleansing oil jadi bentuknya itu minyak. Tenang aja nanti minyaknya juga akan luluh sama air nantinya. Kenapa aku pake yang varian “moisture’ padahal muka ku itu kombinasi? Soalnya kalau aku sehabis cuci muka pake sabun pencuci muka, muka aku tuh kering dipipi (karna kulit aku kombinasi, berminyak-kering). Jadi kalau pake cleansing oil kan enggak terlalu kering muka aku selain di daerah t-zone. Cara pakainya, kalian keluarin cleansing oil secukupnya di tangan, habis itu gosok kedua tangan kalian dan langsung usapkan ke wajah sambil di pijat, setelah makeup kamu luntur kamu basuh pakai air sampe bersih. Aku lupa beli nya berapaan soalnya udah agak lama gitu aku belinya. Kalian bisa belinya di store ETUDE HOUSE langsung atau beli online. Dan kalau kalin enggak tau harus beli online dimana yang produknya asli, kalian bisa beli di aku heheee
Hasil gambar untuk nivea cleansing milk pure varian lama

Cleansing milk yang lagi aku suka dan sekarang aku pake itu dari NIVEA. Awalnya cuma pake tonernya aja, trus penasaran sama milknya. Beli, trus coba dan akhirnya suka banget sama milknya ini. Agak lumayan wangi sih, wanginya enak enggak nyengat dihidung atau bikin bersin kalau pas dipake. Kekuatan bersihinnya juga oke untuk seukuran cleansing milk. Dan enggak bikin wajah aku kering di daerah selain t-zone. Kalau dari keterangan dari produknya ini buat kulit tipe Normal. Cocok banget buat pembersih sehari-hari setelah aktifitas panjang. Cara pakainya itu, kamu keluarin secukupnya trus taruh ke wajah kamu, pijet berbentuk lingkarangan (jangan keras-keras pijetnya) setelah itu kamu bisa pake kapas atau air untuk ngebersihinnya. Kalau aku sukanya pake air bersihinnya. Harganya 25ribuan untuk full size. Bisa nemuin di gruadian, century dan hypermart.


Sehabis aku bersihin makeup atau debu di wajah, aku selalu akhirin dengan cuci muka pakai sabun dari HADA LABO ini. Sabun cuci muka aku ini udah aku pakai setahunan dan belum niat mau ganti. Pernah ganti ke merk laintapi ujung-ujungnya balik ke HadaLabo ini.
Gambar terkait

Hada Labo Ultimate Whitening facial Foam. Kalau cuci muka pake ini aku rasanya bersih dan enggak bikin iritasi buat kulit aku yang sensitif, enggak bikin keset seperti kebanyakan sabun pencuci muka. Harganya sekitar 30ribuan bisa beli di gruadian, hypermart dan century. Sesuai dengan namanya, sabun muka ini buat mencerahkan wajah. Kenapa aku pake yang ini? Aku kan tinggalnya sekarang di Pontianak, dan cuaca maupun udara disini itu panas nyengat. Jadi kalo pake yang seri ini muka aku jadi enggak cepat gosong karena matahari. Untuk whiteingnya sendiri aku enggak ngerasin perubahan yang drastis sih sebenarnya dimuka aku, tapi ini lumayan ngebantu kok kalau kalian punya muka yang gampang kusam dan tinggal ditempat yang panas maupun cuaca yang terik bisa jadi salah satu rekomendasi buat sabun muka kalian.

 Tips mencuci muka dari aku:
1.     Cuci dulu tangan kalian sebelum mengaplikasikan produk pencuci muka, biar tangannya bebas dari kuman.
2.     Cuci muka 2 kali sehari, saat pagi sebelum beraktifitas dan malam sebelum tidur. Cuci muka terlalu sering itu enggak baik buat kulit wajah kamu karna akan menghilagkan minyak alami diwajah kamu. Kecuali kalau kamu habis beraktifitas dari luar yang banyak debu, polusi dll.
3.     Pilih sabun pencuci muka yang cocok buat kamu. Jangan pakai sabun mandi karna sabun mandi akan bikin wajah kamu kering dan akhirnya akan mengiritasi kulit wajah.
4.     Usahakan sehabis cuci muka jangan digosok mukanya keras-keras dengan handuk. Cukup tepuk-tepuk aja pakai handuk atau jangan pakai handuk, tetapi pakai tangan tepuknya sampai wajah kamu kering.

Skin care routine lainnya aku lanjut dipost selanjutnya ya, kalau sekarang bisa kepanjangan nih postnya hehehe 

Maaf banget partnya ketukar, soalnya waktu ngepost nggak tau kenapa skincare part.1 nya enggak keluar. jadi aku posting ulang lagi ya..

Komentar

Postingan Populer